Kamis, 01 November 2012

Proses Bisnis

Matakuliah Analisis Sistem Informasi kali ini membahas tentang Proses Bisnis. Sebelum memulai matakuliah ini dosen kami memberikan tes kami berupa menjelaskan tentang Proses Bisnis yang telah kami baca dirumah .

          Proses Bisnis(Business Process) adalah kumpulan dari proses dan berisi kumpulan aktifitas   yang saling berelasi satu sama lain untuk menghasilkan suatu keluaran yang mendukung pada tujuan dan sasaran strategis dari organisasi.

Setelah menyelesaikan tesnya, kami lanjut dalam materi . Kami dijelaskan mengenai teori-teori dasar tentang Quality Function Deployment (QFD). QFD meliputi seperti :
  • Expected Requirements
  • Normal Requirements
  • Exciting Requirements
Setelah menjelaskan teori dasar dari QFD , kami diberikan tugas kelompok. Dimana tugas ini kami disuruh menganalisis sistem informasi dimana kami harus menentukan jenis usaha dan judul project , kemudian menentukan sapa anggota yang menjadi owner dan developer. Kelompok saya membuat jenis usaha Pabrik Makanan Kaleng dengan judul project Sistem Produksi.
Awalnya, saya dan teman kelompok saya kebingungan menetukan yang mana sebagai sistem dan bukan sistem. Karna terkadang yang kami pikirkan itu adalah sebuah sistem bukan sebuah sistem.Kemudian Pak Sofyan memberikan kami arahan mengenai tugas kelompok kami sehingga kami dapat menyelesaikannya dengan baik.

Yang dapat saya tangkap dari materi ini yaitu kami diajarkan menjadi seorang owner dan developer. Dimana kita sebagai owner harus mengerti mengenai permintaan dari developer. Dan sebagai developer bisa memberikan saran. Agar owner dan developer dapat saling bekerja sama.

Tugas kelompok yang ke-2 mengenai proses bisnis adalah membuat sistem dari rental mobil. Dimana dalam struktur organisasinya terdiri dari pimpinan dan beberapa divisi yang mendukung.Di dalam sistem rental mobil yang dibuat kelompok saya terdiri atas :
  • Pimpinan bertugas mengontrol seluruh aktivitas yang dilakukan divisi-divisi.
  • Administrasi bertugas menerima data dan jaminan dari pelanggan, mencetak struk pemesanan    mobil dan membuat laporan pemasukan.
  • Kasir bertugas menginput struk pemesana dan mengeluarkan output berupa tanda pelunasan pemesanan mobil.
  • Service bertugas menerima tanda pelunasan pemesanan mobil, memberikan kunci mobil, membuat keterangan mobil keluar dan mengecek keadaan mobil.
Setelah selesai berdiskusi kami memindahkannya dalam tabel dikertas flipchart. Kemudian seperti biasa hasil karya kami dipamerkan. Pak sofyan membagi tugas untuk setiap anggota kelompok. Ada yang sebagai penjaga stand dan yang mencari informasi mengenai hasil karya kelompok lain. Dari hasil pameran ini , kami mengetahui beberapa kekurangan tentang kelompok kami seperti harus mncantumkan bagian customer, aktivitas penyewaan(keterlambatan / denda), aktivitas penyewaan supir, aktivitas penambahan unit dan aktivitas pemeliharaan.

Ehm.. yang saya masih kurang mengerti dalam materi ini yaitu bagaimana menetukan hubungan satu divisi dengan divisi lain.

Demikian pembahasan materi saya kali ini ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar