Rabu, 10 Oktober 2012

Information System

Kali ini Pelajaran Analisis Sistem Informasi membahas lebih jauh mengenai Information System. Di mana materi pembelajarannya dibawakan dalam model game. Game yang digunakan adalah BINGO, game yang sebagian besar pasti mengetahuinya. Tetapi dalam permainan kali ini , permainannya agak berbeda dari biasanya sih. Biasanya kan menggunakan angka-angka untuk mencapai kata BINGO tapi kali ini beda. Di permainan BINGO kali ini, kotak-kotaknya uda ada istilah-istilah mengenai sistem informasi , 4 kotak tanda tanya (?) , kotak kosong(tembok) dan 1 kotak bingo(bonus).

Cara permainannya yaitu setiap istilah mengenai sistem informasi yang dijelaskan oleh Pak Sofyan, kami berhak melingkari istilah tersebut dengan syarat kami harus menulis kembali pengertiannya pada kertas yang telah disediakan. Setelah 4 istilah yang kita lingkari membentuk horizontal, vertikal maupun  diagonal, maka kita dapat menarik garis . Kita tidak dapat menarik garis apabila diantara istilah-istilah tersebut terdapat kotak kosong walaupun sudah terdapat 4 istilah yang telah kita lingkari. 1 Kotak BINGO disini berfungsi sebagai bonus agar kita dapat menghasilkan bingo. Kotak yang berisi tanda tanya itu dapat kita lingkari apabila kita bisa menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh dosen kami atau dapat bertanya mengenai materi yang telah dijelaskan.

Permainan di mulai , dosen kami mulai menjelaskan satu-satu istilah mengenai sistem informasi . Yang pertama di jelaskan yaitu Information System sendiri. Information System merupakan suatu kumpulan dari komponen-komponen yang berhubungan dengan proses pengumpulan, penyimpanan, pengolahan dan distribusi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, pengendalian, analisis dan visualisasi dalam organisasi . 

Selanjutnya...

  • Informasi adalah kumpulan data yang sudah diproses dan disimpulkan sehingga menghasilkan fakta yang mempunyai nilai tambah.
  • Data adalah kumpulan fakta yang mempresentasikan nilai, kuantitas, konsep dan jumlah dalam kegiatan bisnis.
  • Knowledge(Pengetahuan) adalah memahami informasi yang didapatkan dari pengalaman atau studi dan menghasilkan kemampuan untuk melakukan kegiatan yang efektif dan efisien. 
Setelah itu lanjut ke Model Sistem Informasi , di dalam model sistem informasi terdapat beberapa unit yang bekerja sama untuk mengolah data untuk menghasilkan  informasi yaitu sebagai berikut :
  • Data Resources adalah bagaimana data dihimpun, disimpan, dientry sehingga mengetahui apa yang dihasilkan dan bagaimana menjadi data yang baru.
  • Hardware Resources adalah teknik pemasukan data yang didukung oleh hardware.
  • Software Resources adalah sub sistem perangkat lunak yang memungkinkan sebuah komputer dapat bekerja.
  • People Resources adalah terkait kemampuan pengguna untuk mengoperasikan software dan hardware yang harus di sesuaikan dengan data yang mau diolah.
  • Network Resources adalah terkait dengan jaringan komputer, media komunikasi dan dukungan jaringan untuk mendistribusikan informasi.
Pembahasan selanjutnya mengenai Input, Processing, Output, System Control dan Storage:
  • Input adalah dilakukan oleh people pada hardware menggunakan software melalui network.
  • Processing adalah dilakukan pengolahan pada hardware, menggunakan software, dioperasikan oleh people, lintas jaringan dan yang diperoleh adalah data.
  • Output adalah Informasi dihasilkan oleh software pada hardware yang menggunakan jaringan kemudian memproses data dan akan kembali menjadi data yang dapat diolah lagi.
  • System Control adalah memantau hardware, software, network, people bekerja dengan benar, apakah yang di input, proses dan informasinya benar dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
  • Storage merupakan tempat penyimpanan data.
Selanjutnya mengenai Manajemen Level , yang terbagi atas 
  • Level Operasional (Operative Management level)
  • Level Taktis (Middle Management Level)
  • Level Strategis(Eksekutif Management Level)
ehmm.. ini lah materi yang saya dapatkan pada hari senin ,  yang saya kurang pahami pada materi ini mengenai manajemen level karna keasyikan mencatat pada lembaran bingo jadi nd mendengar baik penjelasan dari dosen ^.^ 

Sekian dulu post saya kali ini, smoga bermanfaat bagi yang membacanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar