Sabtu, 06 Oktober 2012

Rekaya Perangkat Lunak 01

Hmmm, kemarin tepatnya hari Jumat, 05 Oktober 2012 merupakan pertemuan ke-2 dari pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak atau dikenal dengan singkatan RPL.. Pada pertemuan pertama pelajaran ini kami hanya perkenalan dan pembahasan materi dalam 1 semester.. Pelajaran sesungguhnya di mulai pada pertemuan kedua ini...

Pada awal memulai pelajaran ini, dosen saya yang bernama Sofyan Thayf menanyakan kepada kami Apa sih itu Software ?? Sebagian murid-murid kebingungan mau menjawab apa, termasuk saya sendiri.. haha...
Berbagai pendapat mulai muncul tentang software , ada yang mengatakan perangkat lunak, aplikasi maupun program. Tetapi ternyata setelah slide yang  di jelaskan oleh dosen kami software itu merupakan kumpulan icon atau objek yang membentuk konfigurasi yang terdiri dari program, data, dan document.

Setelah selesai menjelaskan tentang pengertian Software, kami di tanya lagi Apakah data dan document itu sama gak ? Pertanyaan ini membuat murid-murid bingung lagi, haha.. Karna kami tidak dapat menemukan jawabannya, maka kami dijelaskan kalau document dan data itu beda. Data yang dimaksudkan ini adalah inputan untuk program ,  dan Document sendiri adalah pentunjuk program bagaimana data disiapkan dan bagaimana hasilnya . Ehm.. Uda dapat 2 point nic dari inti pelajaran hai ini .. ><

Kemudian setelah itu materi selanjutnya yaitu,
    Permasalahan dari Software
  • Software tidak diproduksi massal  ( untuk membuat software harus melakukan   engineering(pengukuran).
  • Software itu tidak lapuk ( dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama).
  • Software seperti pabrik yang menua ( mempunyai masa dimana software tersebut tidak dapat dipakai lagi).
  • Software itu kompleks ( Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat software).
  • Software sebagai pembeda ( memiliki ciri istimewah yang dapat membedakan dengan software lain).
   Macam-Macam Software 
  • Sistem Software  : Software yang kegunaannya melayani software yang lain. Contoh: anti virus, windows, proxy.
  • Real time Software : Software yang melakukan olah data yang real. Contoh : Chatting, atm .
  • Bussiness Software : Software yang digunakan untuk bisnis. Contoh  : CRM , ERP 
  • Embedded Software : Software yang digunakan untuk mengukur kepetingan teknis.
  • PC Software : Software yang dimasukkan dalam perangkat keras. Contoh : AC , Jam tangan.
  • AI Software : Software yang digunakan untuk memprediksi.
  • Web Software : Aplikasi Berbasis Web . Contoh : Klik BCA. 
Setelah menjelaskan beberapa materi tentang software kami diminta memainkan sebuah games. Pertama yang di lakukan , kami diberi sepotong kertas yang berisi 2 material . Setelah itu kami disuruh menuliskan Judul  Project dan Tujuan dari pembuatannya. Kemudian kami di suruh memilih pasangan untuk menebak judul project dan 2 material tersebut. Kesulitan dari permainan ini pertanyaan hanya dapat di jawab dengan YA / TIDAK. Pertanyaan yang di tanyakan oleh pasangan , ditulis untuk menjadi dokumentasi. Waktu permainan ini selama 20 menit .  Di akhir permainan dosen kami , menjelaskan apa maksud dari permainan ini . Maksud dari permainan ini yaitu bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain , sehingga apa yang kita mau dapat dimengerti orang lain.

Setelah selesai bermain games, ada pembahasan sedikit mengenai Waterfall Model . Namun karna waktunnya habis , maka materii ini di lanjutkan minggu depan ^^

Ehm.. Materi minggu depan mengenai Waterfall Model dan Software Process , kira-kira apa kaitan antara keduanya y  ?? Kami akan menemukan jawabannya minggu depan , jadi jangan bosan menunggu post blog berikutnya yah >,<

bye (^o^)/






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar